Wednesday 15 August 2012

Peralatan Seni Grafik Islam

Pena Kaligrafi seperti ozmiled, Shaeffer, dan set kaligrafi Rotring dan pena, dapat digunakan untukmembuat kaligrafi Arab. Para biji pena ini harus berbentuk pada sudut miring sekitar 35-40 derajat menggunakan amplas. Pena Rotring tersedia dalam 1,5, 1,9, 2,7 juta.


Berikut ini adalah contoh Set Kaligrafi :



Pensil Kaligrafi


Pensil adalah Alat yang paling ekonomis dan mudah didapat. Anda dapat menggunakanpensil tunggal dengan tip berbentuk benar, atau menggunakan kombinasi dari dua pensilpada pengaturan tertentu, atau Anda bisa menggunakan pensil tukang kayu.

1.      Pensil Tunggal:
Untuk tujuan praktek, pensil 2H biasa dapat digunakan, asalkan ujungnya dipotong(berbentuk) pada sudut miring sekitar 35-40 derajatAnda perlu memotong ujungdengan menggunakan pisau bukan dengan rautanIkuti instruksi yang sama seperti yang untuk pensil tukang kayu di bawah ini.

2.      Dua Kombinasi Pensil:
Bila menggunakan pensil dua masukan bersama dua pensil biasa (2H), satukanpensil menggunakan band elastis atau selotipPensil juga perlu diatur pada sudut miring sekitar 35-40 derajatatau titik yang tepat adalah sekitar ¼ masuk yang lebih tinggi bahwa titik kiri.


3.      Carpenter Pensil:
Pensil tukang kayu yang tersedia dari toko-toko perlengkapan konstruksi seperti Home Depot. Pensil ini memiliki pusat yang luas dan berbentuk  persegi panjang. Pensil keras (H) lebih baik dari pada Pensil yang lembut. Untuk mempersiapkan pensil, gunakan pisau untuk mempertajam ujung, dan jangan menggunakan rautan. Ujung pensil harus berbentuk (dipotong) pada sudut miring sekitar 35-40 derajat sehingga cocok untuk kaligrafi Arab.



Bambu/Reed Pens

Kita juga dapat membuat pena kaligrafi dari bambu. Untuk membuat pena kaligrafi dari bambu ikutilah langkah-langkah berikut ini :

 Pertama, gunakan pahat dan  silet untuk membuat salah satu pena dari bambu.

          

Buatlah memotong ke bawah.

            



Sekarang potong bambu dengan kemiringan sudut 45 derajat.


       

Gunakan gunting atau pisau untuk meratakan ujung bambu yang sudah anda potomg sebelumnya.. dan selesai, pena kaligrafi dari bambu siap digunakan. 

Felt Tip Pens

Felt Tip Pens adalah pena yang ujungnya berbentuk lebar, pena ini sangat cocok untuk digunakan dalam membuat  kaligrafi. Pena ini tersedia di toko-toko perlengkapan stasioner atau toko-toko seni
Anda perlu memilih ujung pena seperti yang diproduksi oleh Zig.


Di Daerah Arab, Anda akan menemukan pena yang khusus dibuat untuk kaligrafi Arab dengan PILOT dan Zig.
Pena ini memiliki lebar nib yang berbeda, yaitu : 1.0, 2.0, dan 3.0 mils.

Contoh Felt Tip pens :




Permenan Marker

Anda dapat juga dapat menggunakan Permanen Marker ( Spidol Permanen ) untuk membuat kaligrafi, jangan lupa .. anda juga harus memotong ( mengasah ) ujung spidol dengan suduut kemiringan 35 - 40 derajat, seperti contoh di bawah ini :





permanen marker



Nib Pen

Kaligrafi Arab kontemporer paling umum menggunakan Nib Pen. Pena terbuat dari pena baja dimasukkan dalam wadah kayu.
Seperti pena bambu, nib pen juga harus dicelupkan ke dalam tinta, sebelum digunakan.
Pena ini  tersedia dalam berbagai ukuran, dan Anda bisa mendapatkan hasil yang  jauh lebih baik dibandingkan dengan pena bambu.

Ketika Anda membeli sebuah pena, pilihlah yang ujungnya benar-benar datar. Pena ini dapat bertahan  selama berbulan-bulan jika dibersihkan setelah digunakan dan disimpan dengan baik.

Berikut ini adalah contoh Pen Nib : 



2 comments: